Over 10 years we helping companies reach their financial and branding goals. Onum is a values-driven SEO agency dedicated.

CONTACTS
Tips Mencari Kerja

10+ Ciri Ciri Lowongan Kerja Palsu | Awas Banyak Lowongan Palsu!

Ciri Ciri Lowongan Kerja Palsu
Ciri Ciri Lowongan Kerja Palsu
Ciri Ciri Lowongan Kerja Palsu

Yuk Cek Ciri Ciri Lowongan Kerja Palsu

Perlu diketahui di jaman Covid 19 ini dan dibarengi oleh banyaknya lulusan baru edisi Covid 19 menambah populasi pencari kerja yang tidak sesuai dengan jumlah loker. Yang mirisnya banyak lowongan kerja fiktif yang memanfaatkan momen ini, Yuk kenali ciri ciri lowongan kerja palsu.

Mencari kerja jaman sekarang sudah tidak sulit lagi dijaman serba canggih saat ini. Adanya internet membuat proses pencarian lowongan kerja menjadi jauh lebih cepat dan sangat efektif. Tidak hanya itu, banyaknya situs hingga aplikasi lowongan kerja online semakin membuat kegiatan mencari lowongan kerja menjadi lebih mudah lagi.

Namun, semakin mudah artinya semakin rentan juga dengan ancaman penipuan. Untuk yang sudah memiliki pengalaman bekerja sebelumnya, mungkin sudah tidak asing lagi dengan modus penipuan lowongan kerja palsu yang tersebar banyak di Internet.

Lowongan kerja palsu paling banyak ditemukan di banyak situs dan aplikasi lowongan kerja online, baik itu situs lowongan kerja paling umum seperti Jobstreet.com atau Jobs.id atau yang paling baru seperti indeed.com bahkan sosial media profesional seperti LinkedIn pun tidak luput dari modus lowongan kerja palsu.

Untuk itu, perlunya mengenal ciri-ciri lowongan kerja palsu sangatlah penting terutama bagi para fresh graduate (Lulusan Baru) yang belum pernah sebelumnya memiliki pengalaman mencari lowongan kerja sebelumnya. Jadi untuk menghindari kamu para fresh graduate menjadi korban penipuan lowongan kerja palsu, berikut ciri-ciri lowongan kerja palsu yang harus dikenali sebelum melamar kerja:

INFO: Taukah kamu selain Lowongan Kerja, STNK kamu juga bisa dipalsukan loh. Klik disini untuk: cek STNK asli dan palsu.

1. Syarat Lowongan Kerja Terlalu Mudah (Tidak Fokus Ke Kerjaan)

Lowongan kerja yang asli pasti akan sangat detail dalam menuliskan persyaratan kepada calon karyawan yang mereka inginkan untuk bergabung ke perusahaan mereka. Ini tidak hanya untuk mendapatkan orang yang tepat, tapi juga mempermudah HRD untuk memperkecil angka pelamar yang melihat iklan tersebut sehingga akan lebih mudah untuk menyaring setiap cv dan mereferensikan pelamar tersebut ke proses berikutnya.

Jadi penulisan persyaratan yang terlihat mudah dan umum seakan semua orang bisa melamar dengan sangat gampang tentu saja patut kamu curigai. Misalnya pada persyaratan hanya ditulis:

  1. Lulusan SMA / SMK Jurusan Apa Saja
  2. Usia Min. 18th
  3. Domisili Jakarta dan Sekitarnya
  4. Tidak Wajib Memiliki Pengalaman Sebelumnya

Nah, jika 2-3 poin di atas tertera pada lowongan kerja yang kamu temukan di sebuah situs lowongan kerja, artinya kamu harus sudah waspada. Terutama untuk lowongan kerja yang hanya menulis untuk posisi ‘staff’ atau ‘admin’ saja tanpa ada penjelasan lanjut, staff untuk bidang apa dan apa job desk nya.

2. Lowongan Kerja Dengan Gaji Diatas Rata Rata

Salah satu hal paling menonjol dari lowongan kerja palsu adalah penawaran gaji dengan jumlah yang terlalu besar hanya untuk sebuah posisi biasa (Bukan Supervisor dan Manager). Biasanya mereka akan mencantumkan angka diatas UMK sekitar 6 – 7 juta untuk posisi seperti staff atau admin dengan persyaratan seperti yang ada pada poin nomor 1. Tentu saja angka ini tidak masuk akal untuk diberikan hanya untuk posisi biasa seperti staff atau admin.

Sebuah lowongan pekerjaan yang asli pasti akan menaruh angka yang masuk akal sesuai dengan pengalaman bekerja si calon kandidat, kemampuannya dan beban kerjanya. Sebagai contoh gaji 6 – 7 biasanya ditawarkan untuk posisi yang memiliki persyaratan minimal 1 – 2 tahun. Jadi untuk para fresh graduate hati-hati yang ketika sudah melihat lowongan kerja seperti ini.

3. Lokasi Interview Tidak Sesuai Dengan Alamat Perusahaan

Alamat perusahaannya di Tangerang Kota, tapi lokasi interview nya di Jakarta?

Jika seperti ini sudah jelas lowongan kerja tersebut kemungkinan palsu. Ada beberapa perusahaan yang memiliki beberapa cabang sehingga alamat perusahaan bisa lebih dari 1.

TIPS: Untuk mengetahui alamat perusahaan, anda bisa cek Google Maps dan Website Perusahaan.

Pada lowongan asli, HRD perusahaan pasti akan langsung menulis sebuah lowongan dimana alamat kantor sesuai dengan alamat interview, karena kebanyakan perusahaan akan menulis lokasi interview di alamat kantor dimana calon kandidat tersebut bekerja jika diterima.

4. Dapat Informasi Lowongan Kerja Dari SMS

Jika kamu mendapatkan lowongan kerja melalui sms kamu harus berhati-hati, apalagi di era serba internet jaman sekarang. Kemungkinan besar itu adalah modus penipuan. Biasanya isi dari lowongan kerja tidak jauh berbeda dari point nomor 1 dan 2 untuk persyaratan dan penawaran gajinya.

Pada lowongan kerja sms, biasanya di akhir pesan kamu akan diminta untuk merespon dengan membalas sms tersebut. Setelah kamu merespon pelaku biasanya akan langsung menelpon untuk meminta Data Pribadi (CV, KTP, KK, Ijazah Dll) atau langsung menyuruh kamu datang langsung ke lokasi tertentu untuk segera masuk ke proses wawancara.

Lowongan kerja yang asli tidak akan langsung memproses kandidat ke tahap interview tanpa ada permintaan pengiriman CV dari si kandidat sendiri terlebih dahulu. Untuk masuk ke tahap wawancara artinya CV yang dikirim sudah sesuai persyaratan. Jadi jika kamu menemukan lowongan kerja yang main serta-merta saja langsung mengundang wawancara, ada kemungkinan besar lowongan tersebut palsu.

5. Domain Email Lowongan Kerja Menggunakan Domain Gratis

Jika mendapatkan sebuah email berisi lowongan pekerjaan di email kamu, maka cek terlebih dahulu apakah alamat email yang digunakan menggunakan @gmail, @hotmail, @ymail, @post atau @rocketmail di bagian belakangnya? Jika benar, artinya lowongan kerja tersebut kemungkinan besar adalah lowongan kerja palsu.

Kenapa bisa disebut palsu? Karenanya siapapun juga bisa membuat email dengan Gmail.com mengatasnamakan perusahaan, Jadi kebayangkan mudahnya membuat lowongan palsu dengan modal email gratisan. Contoh:

  • ptmayoraindah-hr@gmail.com
  • ptgajahtunggal-hr@gmail.com
  • ptmencaricintasejati-hr@gmail.com
  • rekrutment.unilever@gmail.com
  • kandidat.otgroup@gmail.com

Lowongan kerja asli dari perusahaan yang asli dan benar keberadaannya pasti akan menggunakan domain berbayar, sehingga alamat email yang digunakan akan menggunakan @(nama perusahaan) seperti info@birojasasinardunia.web.id.

Jadi jika kamu mendapatkan email lowongan kerja dengan alamat email yang menggunakan domain gratis seperti itu. Langsung hapus saja, karena lowongan tersebut kemungkinan besar palsu dan merupakan modus penipuan.

6. Info Lowongan Kerja Dihubungi Langsung

Nih Ya.. Jaman sekarang mana ada orang menawarkan lowongan kerja via telefon. Jadi harusnya jika menerima telpon seperti ini, lebih baik langsung saja tutup telpon kamu. Karena lowongan kerja via telpon tersebut biasanya mengincar data pribadi kamu untuk kemudian dijual atau dimanfaatkan untuk modus penipuan lainnya.

Kalau pelaku mengatakan jika dia direkomendasikan oleh teman atau kerabat, kamu tinggal cek saja nomor teleponnya, jika menggunakan nomor telpon pribadi seperti 08XXX itu artinya lowongan kerja itu palsu. Jika pun ada sebuah perusahaan menawarkan pekerjaan menggunakan via telepon setidaknya perusahaan tersebut pasti menggunakan nomor telpon kantor/perusahaan yang sesungguhnya seperti (021)-55767435.

7. Meminta Sejumlah Dana

Lowongan kerja palsu biasanya akan meminta sejumlah dana kepada calon korbannya dengan alasan sebagai biaya training atau akomodasi dan menjanjikan calon korban biaya tersebut akan diganti nanti ketika diterima dengan sistem reimbursment.

INTINYA JANGAN PERCAYA. Ada juga yang mengaku biaya tersebut sebagai biaya administrasi untuk meloloskan beberapa dokumen atau uang untuk membayar kurir dan sebagainya. Perlu diingat lowongan kerja yang asli tidak akan meminta biaya sepeser pun pada para pelamar kerja.

8. Langsung Diterima Kerja

Logikanya “Tidak ada yang namanya diterima kerja tanpa melalui proses interview” Coba kamu pikir deh jika yang mengirim lowongan tersebut ada 100 Orang, Apa iya semuanya diterima?. Lowongan kerja palsu akan memberikan kesan terburu-buru dan urgent seperti ‘Dibutuhkan segera’ ‘Dibutuhkan cepat’ atau ‘Proses Cepat’ untuk membuat korbannya seakan lowongan ini sangat membutuhkan karyawan baru, sehingga tidak akan terlalu memperhatikan persyaratan si kandidat dan meyakinkan korbannya bahwa rate diterima sangat tinggi/pasti akan diterima.

Trik ini biasanya berhasil pada para fresh graduate, tapi sebenarnya jika dilihat-lihat tetap saja lowongan ini tidaklah masuk akal.

9. Penulisan Informasi Lowongan Kerja Terlihat Tidak Profesional dan Tidak Rapih

Lowongan asli selain detail dan jelas informasinya, hal yang perlu dijadikan perhatian adalah bentuk formatnya yang rapih, enak dilihat dan minim typo. Kalimat yang digunakan pun terkesan formal seperti ‘Birojasasinardunia.web.id sedang membutuhkan karyawan untuk mengisi posisi Telemarketing Manager, dengan persyaratan sebagai berikut:….’

Untuk lowongan kerja palsu ditulis sangat terburu-buru dan mendesak seperti ‘DIBUTUHKAN CEPAT’ ‘DIBUTUHKAN STAFF SEGERA, GAJI TINGGI’ terkesan sangat tidak profesional kan? Bahkan lowongan kerja palsu terkadang menghiraukan penulisan ejaan yang baik dan benar.

Jadi jika kamu menemukan atau mendapatkan lowongan kerja yang format penulisannya sudah tidak rapi dan baru dibaca saja sudah ganjil kemungkinan itu adalah lowongan kerja yang palsu. Untuk lebih meyakinkan, kamu bisa coba membandingkan contoh lowongan kerja asli yang bisa kamu cari di internet dan bandingkan dengan lowongan kerja palsu yang mungkin kamu dapatkan.

10. Perusahaan Tidak Memiliki Website atau menggunakan Website Gratisan

Untuk Informasi yang terakhir, Ini sama seperti point pada nomor 5 (Email). Ketika kamu mendapatkan panggilan interview jangan lupa untuk mengecek Website Perusahaannya karena ini hal penting. Kenapa? karena harus punya bayangan nantinya kamu tau peran kamu jika masuk ke perusahaan tersebut sebagai apa dan fungsinya sebagai apa.

Waspada Penipuan Berkedok Apapun

Lowongan kerja palsu adalah sekian dari modus penipuan lainnya. Untuk itu selalu waspada dan berhati-hati agar terhindar menjadi korban penipuan. Selalu bertanya terlebih dahulu jika mendapatkan email atau sms mencurigakan, selalu konsultasi terlebih dahulu ke teman atau cari informasi sebenarnya melalui internet.

Pesan Untuk Kamu Yang Sedang Mencari Kerja

Covid-19 ini merupakan bencana untuk seluruh negara di dunia. Tentunya Covid-19 memberikan efek pada semua bidang aspek kehidupan diantaranya banyaknya manusia hingga binatang yang terinfeksi sehingga menyebabkan banyaknya kematian dan juga banyaknya perusahaan tutup sehingga harus PHK karyawannya.

Sayangnya di masa Covid-19 ini masih ada aja orang yang membuat lowongan palsu, tujuannya ya ingin mendapatkan uang dari orang yang ingin mendapatkan pekerjaan.

Ada sedikit tips untuk kamu nih, simak ya…

Grup Lowongan Kerja

Nah jadi untuk kamu yang sedang mencari pekerjaan harus waspada terhadap lowongan palsu ya, admin disini membuat Grup Lowongan kerja untuk membantu kamu menemukan pekerjaan. Masuk ya… Yuk mari ramaikan.

CALO DAN ADM DILARANG MASUK!!! Mau kerja koq harus bayar!!!

Grup Facebook Loker Tangerang Dan Sekitarnya

Grup Telegram Loker Tangerang Dan Sekitarnya

Grup Telegram Loker Jabodetabek

Grup Telegram Loker Indonesia | Remote – WFH

Portal Kerja Online

Teruntuk kamu yang masih mencari kerja secara Offline (Cari manual datang ke perusahaan satu per satu), Ingat sekarang jaman nya serba online ada beberapa Portal Kerja Online (Aplikasi Cari Kerja) yang bisa membantu kamu mendapatkan pekerjaan secara gratis loh, Berikut referensi Portal Kerja Online:

Manfaatkan Sosial Media

Pernahkah kamu diminta mencantumkan Link Media Sosial di Form Perekrutan? atau pernah melampirkan Link Media Sosial di CV?

Biasanya HRD perusahaan melihat lihat sosial media kamu loh, tujuannya untuk apa? untuk melihat ketertarikan (Hobi) dan juga menilai psikologi kamu dari secara singkat media sosial.

Jadi kamu harus pilih pilih apa yang mau di share ke sosial media kamu, jangan asal posting apalagi postingan yang berbau politik ya.

Adakah sosial media untuk kelas profesional? tentunya ada namanya Linkedin.com, dengan linkedin kamu bisa terhubung dengan list tim perusahaan. Kamu tentunya dapat mencari pekerjaan via linkedin, biasanya HRD perusahaan lebih suka membagikan informasi lowongan kerja via media sosialnya terlebih dahulu sebelum posting lowongan kerja ke versi berbayar seperti Jobstreet.com, Indeed.com, Techinasia.com jadi cv kamu berpeluang dilihat lebih cepat.

Lantas kamu juga berpeluang di lirik oleh perusahaan lain sebagai kandidat calon karyawan nya (Kamu Ditawarkan Pekerjaan Sama Perusahaan Lain). Kenapa bisa HRD perusahaan menawarkan pekerjaan ke kandidat via linkedin? Dulu admin pernah di Hijack (Bahasa HRD untuk mengambil karyawan di perusahaan lain), Jawabannya simple tentunya HRD ingin proses perekrutan karyawan menjadi cepat, sedikit dan tepat sasaran dengan cara mencari orang profesional dengan skill yang sama untuk menggantikan stafnya yang resign.

Pesan Untuk HRD / Bos Perusahaan

Informasi penting nih untuk kamu HRD atau Pemilik Perusahaan, Kamu udah baca ciri ciri lowongan palsu dari point 1 sampai 10 kan? Jangan sampai informasi lowongan kerja yang Anda bagikan dianggap sebagai lowongan kerja palsu

Nomor Telepon Perusahaan

Ketika anda ingin mengundang interview kandidat, pastikan anda menggunakan nomor telepon kantor (021 atau yang lainnya, karna setiap daerah kode nomor teleponnya berbeda beda). Karena nomor telepon anda bisa dianggap penipuan loh.

Biasanya perusahaan startup yang masih menggunakan virtual office lebih suka mengirim email ke kandidat nya. Tapi ada perusahaan yang dana nya terbatas (Belum punya Domain, Nomor Telepon dll) terpaksa menggunakan WA untuk konfirmasi interview.

Sedikit informasi, jika anda sedang membutuhkan Nomor Telepon untuk perusahaan silahkan hubungi Stabiliskom.com, Stabiliskom menyediakan nomor telepon kantor untuk keperluan bisnis. Dengan menggunakan nomor telepon kantor otomatis akan membantu bisnis kamu dengan cara membranding perusahaan dengan menggunakan nomor telepon perusahaan. Nomor apa saja yang di sediakan? ini dia detailnya:

  • Nomor Indonesia (021, 022, dan seterusnya dari sabang sampai merauke). Jadi ini cocok untuk anda yang berbisnis di wilayah manapun.
  • Nomor Call Center (140XXX, 150XXX, 1500XXX, 0804XXX).
  • Nomor bebas pulsa / Toll Free (0800XXX)

Jangan Lupa, pastikan nomor telepon yang kamu gunakan sudah dicantumkan di website perusahaan ya. Ini penting karena nanti kandidat bahkan client kamu mungkin akan mencocokan nomor telepon yang kamu gunakan dengan nomor telepon yang ada di website.

Website dan Email Perusahaan

Ketika anda ingin mengundang interview kandidat, pastikan kamu menggunakan Email dengan domain nama perusahaan. Kenapa? Email dengan domain perusahaan merupakan branding dari perusahaan, selain sebagai branding domain juga sangat penting saat proses perekrutan karyawan (Baca ciri ciri lowongan kerja palsu pada point 5).

Contoh1:

hr@slidedigitalmarketing.com

Contoh2:

hr.slidedigitalmarketing@gmail.com

Tentunya jika kandidat menerima interview dari contoh2 maka akan dianggap sebagai penipuan, berbeda jika kandidat menerima undangan interview dengan contoh1 yang menggunakan email berdomain resmi profesional.

Untuk website pun tidak jauh berbeda dengan email, karena termasuk kesatuan.

Website merupakan wujud online perusahaan dan Website mewakili wujud fisik lokasi perusahaan

Jadi kalau kamu tidak punya website dan email perusahaan, kesannya kamu ga modal atau pelit. Kenapa? Sekarang jaman nya online bapak ibu, jadi ketika leads (Calon Pelanggan) ingin tau informasi tentang perusahaan kamu apa kira kira apa yang mereka lakukan? apakah langsung datang ke perusahaan kamu untuk melakukan survei? atau cari informasi di internet terlebih dahulu?

Tentunya kebanyakan orang akan cari informasi di internet terlebih dahulu. Jadi peran website sangat penting untuk kelas perusahaan ya. Tapi ingat jangan pakai website gratisan seperti:

slidedigitalmarketing.blogspot.com

slidedigitalmarketing.wordpress.com

slidedigitalmarketing.wix.com

Menggunakan website dan email gratisan tentunya perusahaan anda bisa dicap sebagai perusahaan ga modal (pelit) bahkan bisa disebut abal abal.

Sedikit informasi, jika kamu sedang membutuhkan Website dan Email untuk perusahaan silahkan hubungi Stabiliskom.com, Stabiliskom menyediakan Website dan Email Bisnis untuk keperluan bisnis. Tentunya layanan ini membantu bisnis anda dengan cara membranding perusahaan dengan menggunakan Website dan Email perusahaan.

Informasi lagi, untuk kamu yang perusahaannya sudah memiliki legalitas bisa menggunakan Domain .co.id, Kenapa? karena syarat membeli domain co.id dibutuhkan legalitas perusahaan seperti SIUP dll. Jadi kasarnya anda boleh sombong kalau sudah punya domain .co.id

Tips Untuk Kamu Biar Cepet Dapet Kerja

Banyak orang yang mikir “Cari Kerja Koq Susah Amat Yaa….“, Mari kita mikir berada diposisi HRD, HRD buka lowongan pasti ada permintaan dari Bos atau Staf yang bersangkutan kan? Setelah HRD buka lowongan dan menerima banyak lamaran masuk (Via email / surat), HRD maka akan memfilter CV yang masuk satu persatu untuk diseleksi interview ya kan?

Sayangnyaaa, kalo lamaran yang masuk ratusan hingga ribuan. Yang dilakukan oleh HRD adalah hanya melihat CV yang kamu kirimkan dalam beberapa detik saja. Kalo CV kamu menarik maka akan dilihat lebih lama, tapi kalo ga menarik bakal skip dalam hitungan detik😞. Ini kriteria CV yang menarik dimata HRD:

  • Foto profile menarik
  • Pengalaman kerja berhubungan dengan lowongan
  • Warna CV bagus alias ga norak
  • Design CV modern, ga jadul, apalagi isinya tulisan semua
  • Ada cover letter / salam pembuka baik via email maupun cv

Nah sampe sini udah kebayangkan apa aja faktor yang bikin kamu ga dipanggil interview kerja? Jadi kita sebagai pencari kerja, harus memiliki CV yang menarik perhatian HRD pada pandangan pertama baik dikirim via Email maupun Surat secara langsung.

Nah disini admin mau bantu kamu yang belum dapet kerja untuk segera mendapatkan pekerjaan yang diinginkan 🥰
Mau buat HRD tertarik dgn lamaranmu? Pertama kmu harus buat CV mu menarik dong 👌, CV itu hal pertama yg dilihat HRD dari diri kmu lho… Yuk buat CV mu jadi menarik! Dengan harga mulai dari 50rb udh bisa dapetin CV kerenlohh..

  • CV Kualitas Desain Terbaik (Dijamin menarik HRD)
  • Pelayanan Ramah
  • Proses Sangat Cepat
  • Revisi 3x
  • CV JPG PNG PDF
  • Cover Letter
  • CV Bahasa Inggris
  • Copy Writing Menarik

Bonus Biar Kamu Cepet Dapet Kerja:

  • 99+ List Email Perusahaan
  • 99+ Soal Psikotest & Kunci Jawabani
  • 20+ Cara Menjawab Interview
  • 10+ Ciri Ciri Lowongan Kerja Palsu
  • 5+ Cara Melamar Kerja Lewat Email

Yuk pesan cv mu segera.. 😉, Untuk model dan pemesanan bisa mengklik link berikut: Jasa Pembuatan CV Curriculum Vitae Lamaran kerja, Ga setiap hari juga kan bikin CV?

Kesimpulan Ciri Ciri Lowongan Kerja Palsu

Ciri Ciri Lowongan Kerja Palsu
Ciri Ciri Lowongan Kerja Palsu

Di jaman sekarang, orang makin banyak ide untuk mencari duit. Termasuk membuat lowongan kerja palsu untuk melakukan penipuan. Dengan banyaknya sindikat lowongan kerja palsu anda sebagai Freshgraduate / Profesional harus sangat waspada.

Semoga informasi ciri ciri lowongan kerja palsu ini memberikan manfaat untuk kamu yang sedang mencari kerja agar tidak terkena sindikat lowongan kerja palu. MAU KERJA KOQ BAYAR!

Author

slidedigitalmarketing.com

Ingin mengembangkan bisnis dengan Digital Marketing? #SDM Slide Digital Marketing siap membantu anda (Siapa pun anda UMKM, Startup, Perusahaan) masuk ke dunia digital.

Leave a comment

error: Anda dilarang menyalin artikel ini!