Over 10 years we helping companies reach their financial and branding goals. Onum is a values-driven SEO agency dedicated.

CONTACTS
Marketing

5+ Cara Menentukan Target Pasar Atau Target Market

Cara Menentukan Target Pasar Atau Target Market
Cara Menentukan Target Pasar Atau Target Market
Cara Menentukan Target Pasar Atau Target Market

Kunci keberhasilan dalam berbisnis tidak lepas dari menentukan strategi pemasaran yang tepat sasaran. Tapi, langkah pertama harus memahami dulu siapa target pasar dibisnis lu dengan baik. Bagaimana cara menentukan target pasar atau cara menentukan target market yang tepat?

Tenang aja, TIM SDM akan membahas tuntas gimana cara menentukan target pasar secara lengkap, termasuk bagaimana cara menentukannya dengan tepat sasaran. 

Pengertian Target Pasar Atau Target Market?

Pengertian Target Pasar
Pengertian Target Pasar

Sebelum lanjut, lu harus tau apa itu target pasar. 

Target pasar adalah kumpulan orang orang yang dijadikan target sasaran penjualan. Yang perlu dipahami bahwa “Target Market setiap bisnis bebeda beda, bahkan kalo bisnisnya sama tapi berbeda wilayah bisa aja target marketnya berbeda”.

Target‌ ‌pasar‌ ‌bisa dibilang sebagai‌ ‌calon‌ ‌pembeli‌ yang sangat ‌potensial‌‌. Dimana lu‌ ‌harus‌ bisa memberikan‌ ‌informasi‌ ‌dan‌‌ promosi‌‌ ‌terkait‌ ‌produk‌ atau jasa dari bisnis lu bos.‌ Yang penting lu ‌harus bisa menentukan‌ strageti digital marketing‌ ‌yang‌ ‌tepat‌ ‌sasaran untuk‌ ‌mendapatkan pelanggan baru.‌‌

Digital Marketing ‌yang‌ ‌baik‌ ‌dimulai‌ ‌dengan‌ ‌menentukan‌ ‌target‌ ‌pasar‌ ‌yang‌ ‌tepat sasaran.‌ ‌Kalo udah ditentukan siapa target marketnya,‌ Lu ‌udah ‌bisa‌ ‌menyiapkan ‌satu‌ ‌strategi‌ ‌yang‌ ‌efektif‌ ‌untuk‌ ‌menawarkan‌ ‌produk‌ ‌atau jasa yang‌ siap‌ ‌jual.‌

Buat menjual ‌produk‌ atau jasa ‌dengan‌ ‌baik‌,‌ ‌perlu‌ analisa ‌data‌ ‌dan‌ ‌menentukan metode‌ ‌yang‌ ‌tepat.‌ ‌Mengetahui‌ ‌target‌ ‌pasar‌ ‌dapat‌ ‌membantu‌ ‌Anda‌ ‌untuk‌ ‌menjual‌ ‌produk‌ ‌dengan‌ ‌sukses.‌ ‌

Okey langsung next manfaat ‌mengetahui‌ ‌target‌ ‌pasar‌ ‌untuk bisnis‌

Manfaat Mengetahui Target Pasar

Manfaat Target Pasar
Manfaat Target Pasar

Intinya setelah lu sudah menetapkan siapa target market bisnis lu, maka data target pasar bertujuan untuk memastikan bahwa teknik marketing bisnis kedepannya akan sangat tepat sasaran. Dan ini yang terpenting untuk meningkatkan penjualan sekaligus mengukur tingkat keberhasilannya. 

Berikut manfaat mengetahui target pasar yang tepat sasaran:

Transaksi Penjualan Meroket Hingga 10X 🚀

Fokus pada target pasar meningkatkan peluang closing (Penjualan / Transaksi) dibisnis lu produk lebih banyak dari biasanya. Hasilnya, penjualan pada bisnis akan meningkat tajam. 

Selain memberikan efek pada penjualan, pasti lu akan lebih mudah dalam mengembangkan bisnis. Semua data yang lu punya setelah memahami siapa target market bisnis lu otomatis akan membantu dalam menentukan produk atau jasa yang dibutuhkan oleh target pasar.

Tidak hanya itu, kemampuan Anda dalam memenuhi kebutuhan pelanggan dengan baik akan mendorong customer loyalty. Ingat, 65% dari keuntungan sebuah perusahaan berasal dari para pelanggan setianya. 

Jika hal ini diterapkan pada setiap produk atau jasa, pasti akan memberikan hasil lebih baik kepada bisnis. 

Mengetahui Anggaran Biaya Iklan Yang Dibutuhkan

Ngomongin Digital Marketing pasti ga lepas dari yang namanya bakar duit ya kan? Kalo lu ga menetapkan strategi target pasar terlebih dahulu, lu pasti menyasar kesemua orang (Semua kalangan target market / Terlalu luas). Artinya, anggaran biaya iklan yang dibutuhkan akan sangat besar dengan cara ini.

Contoh: lu mao jualan jualan produk kecantikan misalnya lipstik, trus disini lu lu memasarkan lipstik ke semua kalangan (Cowo & Cewe) ya logika aja… Cowo saat ditawarkan lipstik kemungkinan ga ada yang belinya lebih besar, berbeda dengan cewe yang dimana cewe memang membutuhkan lipstik untuk kecantikan. SAMPE SINI PAHAM?

Walaupun pada akhirnya hasil penjualan Anda banyak, keuntungan Anda akan relatif kecil akibat biaya pemasaran yang juga besar.

###

Melihat Kompetitor

Setiap bisnis akan mengalami persaingan usaha, kecuali jenis bisnis yang sangat spesifik. 

Jika bisnis Anda memiliki kompetitor, jangan terlalu khawatir. Kemampuan Anda dalam mengantisipasi persaingan akan memberikan Anda keuntungan. 

Kuncinya, mengetahui target pasar Anda dan melihat apa yang kompetitor tawarkan di pasar tersebut. Lalu, ciptakan keunggulan produk Anda yang belum mampu ditawarkan oleh kompetitor. 

Intinya, mengetahui target pasar bisa membantu Anda “tampil beda” dari kompetitor. Itulah yang dilakukan perusahaan sekelas Nikedengan berbagai produknya.

###

Konten Bisnis Lebih Tertarget

Semakin sesuai konten yang dibuat dengan target pasar, maka akan semakin menarik perhatian target market dari sosial media. Nah kalo semakin banyak konten bisnis lu dilihat oleh target market, maka pontensi transaksi dalam bisnis lu akan semakin meningkat.

Target Market lu sangat menentukan jenis konten bisnis yang akan dipost seperti diInstagram, Facebook, Blog Website, Youtube, dan juga media offline (Brosur, Spanduk, Reklame, Koran dll).

Penyesuaian konten untuk bisnis sangatlah detail banget, seperti penggunaan font, gambar, warna, copywriting dll. Hal ini membutuhkan pertimbangan yang berdasar pada data, yaitu target audiens Anda.

Mudah Berinteraksi Dengan Target Pasar

Kalo lu udah paham sama target pasar lu, disini lu pasti merasakan mudahnya berkomunikasi dengan mereka (Salah satu contohnya seperti instagram).

Kalo lu udah paham dengan target market bisnis lu, dan mudah berkomunikasi pasti lu dapat dengan mudah memahami APASIH YANG TARGET PASAR MAU? jadi kasarnya udah paham apa yang mereka butuhkan, jadi lu tinggal tawarkan aja apa yang target market lu butuhkan

Sebagai Investasi Bisnis

Investasi dalam berbisnis bukan hanya terlihat pada karyawan, barang barang, relasi bisnis dll. Dalam berbsinis juga kita perlu melakukan investasi pasa digital marketing, salah satunya dengan menentukan target pasar atau target market.

Lah emg ada hubunggannya?

Gini gue ambil contoh yang agak tinggi ya, pernah ingat Aplikasi Transportasi Online (Gojek, Grab, Uber) yang bakar duit diawal. Salah satu contoh strategi marketingnya

  • Promo Gratis Naik Ojek Online / Taxi Online
  • Promo Diskon 80% Naik Ojek Online / Taxi Online

Nah dari strategi diatas, aplikator transportasi online disini memancing orang untuk menggunakan layanan Gojek, Grab, Uber dll. Setelah applikasinya viral, dikit demi dikit pihak aplikator sudah mendapatkan Data Base pelanggan yang menggunakan aplikasi transportasi onine tersebut.

Dari Data Base pelanggan yang sudah dimiliki ini, pihak applikator sudah bisa memahami target market secara detail. Dan akan sangat mudah bila pihak applikator ingin menawarkan jasa yang ingin dijual berikutnya.

Sampe sini paham?

Cara Menentukan Target Pasar

Cara Menentukan Target Pasar Atau Target Market
Cara Menentukan Target Pasar Atau Target Market

Setelah lu udah paham penting memahami target pasar untuk bisnis, langsug aja masuk kebagian cara menentukan target pasar yang tepat. Lalu, bagaimana caranya? Yuk kita bedah satu satu:

Melihat Target Market Saat Ini

Kalo lu udah punya bisnis yang udah berjalan, disini lu bisa memperhatikan pelanggan yang bertransaksi saat ini, setelah itu lu bisa mengira ngira target market yang potensial untuk bisnis lu seperti apa.

Misal nih, lu punya bisnis servis komputer / servis laptop di Kota Tangerang, yang dimana orang yang dateng untuk servis komputer adalah orang orang yang dari area Kota Tangerang dari kalangan karyawan dan pebisnis.

Disini udah bisa dipahami bahwa target market dibisnis lu adalah orang orang dari kota tangerang dari kalangan karyawan. Yang dimana mereka saat komputernya rusak, aktivitas pekerjaannya berhenti total sehingga menggau pekerjaannya, jadi mereka butuh servis laptop.

Jangan lupa disini lu juga bisa memanfaatkan data base customer untuk ditawarkan sesuatu yang berhubungan dengan kebutuhan target market. Misal bisa lu tawarkan kipas pendigin laptop yang bisa membuat kinerja laptop lebih cepat tanpa lemot.

Mengetahui Kondisi Pasar Saat Ini

Jangan lupa juga untuk memahami kondisi atau keadaan pasar seperti ini. Misal saat ini lagi musim c0v1d. Yang dimana orang orang pada WFH, yang dimana WFH butuh komputer laptop yang bisa dipakai kerja.

Ini peluang buat lu untuk memasarkan servis komputer hingga berjualan komputer kepada pekerja yang WFH atau pelajar yang WFH.

Menginterview Target Pasar Anda

Mengintreview target pasar atau target market secara langsung dilapangan merupakan cara yang lebih efektif, karena lu bisa menanyakan hal yang berhubungan antara bisnis yang lu jalankan dan juga personaliti target market lu.

Sayangnya cara ini ada kekurangannya, yaitu waktu lu akan lebih banyak tersita untuk ngobrol dengan target market.

Contohnya gini lu punya bisnis servis komputer, disini lu bisa ajak ngobrol tentang kerjaannya yang menggunakan laptop atau komputer. Disini lu mungkin bisa mengetahui apa aja permasalahannya pada komputernya yang dipakai saat ini.

Nah biasanya nih kalo obrolan udah akrab, lu ga perlu nawarin jasa servis komputer atau nawarin jualan komputer. Disini bisa jadi pelanggan lu yang bakal nanya gini “Punya laptop bekas yang bagus untuk keperluan kantor?” atau bisa aja nanya gini “Kalo laptop saya lemot itu harus diapain ya?”

DISINI NIH LU BISA LANGSUNG GAS BUAT JUALAN, Disini paham?

Menciptakan Buyer Persona

Buyer persona adalah sebuah representasi pelanggan. Lu bisa menggambarkan sosok calon pembeli Lu dengan berdasar pada ciri fisik, demografi, dan lainnya. Demografi adalah ilmu yang mempelajari dinamika kependudukan. 

Data untuk buyer persona bisa Lu dapatkan dari banyak tools SEO. Kalo lu udah memiliki website, Google Analytics adalah salah satu tools yang tepat untuk mengelola data. Google Analytics bisa mencatat semua informasi pengunjung website Lu mulai dari lokasi, lama akses, bahkan profilnya.

Menunjukan Perbedaan Produk / Jasa (Keunggulan)

Kalo bisnis lu mengedepankan penjualan dengan fitur fitur lain atau benefit yang berbeda dari pada kompetitor lainnya, maka lu harus fokus pada fitur dan benefit yang dijual. Karena benefit ini lah yang akan dibandingkan oleh target market untuk mengambil keputusan beli dimana.

Sebagai contoh, produk-produk dari Apple. Dengan menyebut produknya sebagai produk premium, faktor harga tidak lagi menjadi pertimbangan utama karena keistimewaan fitur yang dihadirkan telah menjawab hal tersebut. 

Faktor Yang Mempengaruhi Target Pasar

Faktor Yang Mempengaruhi Target Pasar
Faktor Yang Mempengaruhi Target Pasar

Setelah mengetahui Apa saja faktor yang mempengaruhi target pasar bisnis Anda? Mari kita ulas satu persatu. 

Lokasi Bagi Penjualan Produk Anda

Lokasi bisnis dan lokasi target market merupakan segmentasi geografis yang perlu dipikirkan lebih dalam sebelum lanjut mengembangkan sayap lebih lebar. Inget bos, ga semua produk, jasa, makanan lu ga bisa dijual ke mana aja karna banyak faktor penghambat yang perlu diperhatikan.

Misalnya lu punya bisnis servis elektroni atau makanan atau biro jasa deh pokonya sama aja ini ya karna merupakan bisnis LBO yang bisnisnya hidup dari lokasi terdekat dari kantornya. Kalo lu punya bisnis servis elektronik ditangerang, lu ga bisa menjangkau pasar depok bos… Kenapa? ya logika aja ga mungkin orang depok jauh jauh dari depok ke tangerang buat servis elektronik doang kan? EMGNYA GA ADA SERVIS ELEKTRONIK DI DEPOK? WKWKWK

Demografi dari Calon Pembeli Produk Anda

Demografi pada target pasar atau target market merupakan dinamika penduduk. Isinya seperti jenis kelamin, usia, tingkat pendidikan, dan lainnya.

Kalo lu udah memahami demografi target pasar, pastinya udah bisa mengira ngira seberapa besar target pasar bisnis lu dan strategi pendekatan digitalisasi marketing apa yang diperlukan untuk menjangkau target market.

Contohnya nih, lu bisnis biro jasa stnk tangerang. Kebanyakan pemilik bisnis biro jasa stnk menargetkan pasar lebih dari 1kota dengan alasan “Hampir setiap orang punya kendaraan”, tapi gini bos… Kalo kantor lu lokasinya di Tangerang, ini mustahil bisa menguasai target market di area jabodetabek (Tangerang, Jakarta, Bekasi, Depok)…

Kenapa?

Karena logikanya gini bos:

  • ORANG YANG ADA DI DEPOK NGAPAIN CARI BIRO JASA DI TANGERANG?
  • EMANGNYA GA ADA BIRO JASA DIDEPOK?
  • KALO ADA YANG DEKET NGAPAIN CARI YANG JAUH?

Jadi dalam menetapkan target market perlu dipikirkan secara matang, TEBAK TEBAKAN BOLEH AJA SIH… TAPI KITA HARUS BERFIKIR DI SISI TARGET MARKETNYA

Disini paham?

Kebiasaan Target Market

Kuncinya pahami Target Pasar lu, kalo lu udah paham siapa target market lu… Dengan memahami apa aja masalah yang dihadapi target market maka disini lu bisa menganalisa untuk menjual barang atau jasa untuk mereka.

Dengan mempelajari kebiasaan calon pembeli, Anda tidak hanya mampu menentukan produk apa yang ingin Anda ciptakan namun juga waktu yang tepat untuk memasarkannya. 

Misal nih, kalo lu punya bisnis kue dan konsumen cenderung membeli makanan yang murah (harga terjangkau), Disini lu bisa membuat paket hemat. Nah disini lah lu bisa tencep gas, promosi yang lu lakukan berfokus pada sisi ekonomis dan harga yang ditawarkan. 

Daya Beli Target Pasar

Kebanyakan orang pasti memperhatikan harga untuk dibanding bandingkan sebelum melakukan transaksi. Tapi ada juga bisnis yang lebih mementingkan kualitas hingga fitur yang ditawarkan dari kompetitor lainnya.

Misalnya bisnis wedding organizer atau jasa perencanaan acara pesta pernikahan. Untuk memastikan momen istimewanya berjalan sempurna, banyak orang menggunakan jasa wedding organizer dibanding merencanakannya sendiri. Alasannya, pengalaman dan ketepatan dalam mengatur rangkaian proses menjadi kunci. Tak heran konsumen rela mengeluarkan uang untuk mendapatkan pelayanan terbaik. 

Maka, kalo lu menggeluti bisnis serupa, pastikan lu jeli dalam menentukan harga terbaik dari jasa yang lu tawarkan, termasuk menyediakan berbagai pilihan paket untuk target pasar yang berbeda.

Strategi Digital Marketing Target Pasar

Strategi Menentukan Target Pasar
Strategi Menentukan Target Pasar

Nah, setelah mengetahui pentingnya mengetahui target pasar dan cara menentukannya, saatnya Anda memilih strategi yang tepat. 

Pada dasarnya, terdapat empat strategi target pasar: Mass, Differentiated, Niche, dan Micro Marketing.

Mass Marketing

Mass marketing merupakan menjual barang atau jasa ke semua orang tanpa ada parameter tertentu, intinya sikat semua…

Loh ini ga efektif dong? buang buang anggaran iklan dong?

Bener banget… ini merupakan strategi yang ga menentukan target pasar secara spesifik untuk mendapatkan pelanggan

Tapi ini akan efektif buat lu yang punya bisnis jual barang atau jasa yang bisa dipakai oleh semua orang, misal seperti sabun mandi, odol, sampo, kaos dll

Jika produk yang lu jual bersifat umum, strategi Mass Marketing bisa dipake. Fokus Anda lebih kepada bagaimana semakin banyak orang mengetahui dan membeli produk Anda.

Differentiated Marketing

Kalo barang atau jasa yang lu jual diperuntukan pengguna khusus, disini lu harus mulai belajar menggunakan differensiasi marketing.

Differentiated Marketing merupakan strategi marketing untuk menciptakan produk atau jasa yang berbeda dengan kompetitor. Contoh untuk sabun bisa dibuat dua perbedaan seperti sabun pria dan wanita

Niche Marketing

Niche Marketing merupakan strategi target market yang sedikit lebih sempit karena lu harus mengetahui karakteristik dan kebiasan orang yang menjadi target market lu. Misalnya odol untuk gigi yang sensitif

Meskipun memiliki pasar yang relatif kecil, tak jarang niche marketing memungkinkan Anda meraih penetrasi pasar yang lebih baik. Jika menerapkan strategi yang tepat, Anda bisa saja menjadi market leader di niche tersebut.

Micro Marketing

Dari namanya aja udah ketauan micro marketing keknya bakal lebih kecil lagi nih… Strategi ini bisa lu pake kalo produk atau jasa yang lu jual memiliki keterbatasan target market seperti lokasi bisnis + jangkauan

Contoh bisnis yang bisa menerapkan micro marketing adalah biro jasa, bengkel motor, servis elektronik, hotel, restoran (Bakso, Nasgor, Sate dll), pertunjukkan musik dll

Contoh Target Pasar

Contoh Target Pasar
Contoh Target Pasar

Setelah mengetahui beberapa faktor yang penting untuk mengetahui target pasar, mari kita melakukan simulasi dengan contoh target pasar bagi bisnis lu bos berikut ini.

Produk Atau Jasa Anda:

  • Servis Laptop / Komputer

Lokasi Penjualan:

  • Hanya di Kota Tangerang (Max Radius 2KM)

Demografi:

  • Wanita usia 18-35 tahun.
  • Pendidikan mulai SMA hingga S3. 
  • Mahasiswi, wanita karir, maupun ibu rumah tangga. 

Kebiasaan Calon Pembeli:

  • Cenderung berbelanja secara online dengan kemudahan pengiriman barang
  • Rajin mengakses sosial media baik Facebook maupun Instagram
  • Sering mengunjungi toko online melalui handphone maupun komputer
  • Mengutamakan produk yang terbuat dari bahan-bahan yang alami 

Daya Beli Konsumen:

  • Konsumen menengah ke atas dengan daya beli mulai Rp.50.000 – Rp.400.000 per produk atau paket produk. 

Anda bisa mencoba untuk menentukan target pasar untuk bisnis Anda menggunakan contoh di atas.

Video Cara Menentukan Target Market

Males baca dari awal sampe selesai? tenang aja TIM SDM juga menyediakan penjelasan cara menentukan target pasar atau target market. Lu tinggal klik video diatas dan bisa langsung masuk ke Channel Youtube SDM.

Jangan lupa untuk membaca deskripsi yang ada divideo ya, karna TIM SDM akan memberikan beberapa tim yang berhubungan dengan pembahasan cara menentukan target market.

Kesimpulan Cara Menentukan Target Pasar

Cara Menentukan Target Pasar Atau Target Market
Cara Menentukan Target Pasar Atau Target Market

Memahami target pasar sangat penting untuk bisnis, baik bagi Anda yang baru saja memulai bisnis, maupun bagi Anda yang ingin meningkatkan penjualan produk.

Target pasar sangat membantu untuk mengembangkan bisnis baik barang maupun jasa yang sesuai dengan kebutuhan calon pembeli, disinilah lu bisa ngambil strategi untuk memasarkan produk sesuai dengan kebiasaan mereka. 

Untuk mengetahui target pasar, Anda harus terlebih dahulu menentukan segmentasinya, baik dari sisi geografi, demografi, maupun ekonomi. Dengan menggunakan data yang tepat, Anda akan memiliki target pasar yang jelas. 

Keberhasilan menentukan target pasar dengan benar akan bisa membantu bisnis Anda berkembang dengan baik. Selamat mencoba!

Author

slidedigitalmarketing.com

Ingin mengembangkan bisnis dengan Digital Marketing? #SDM Slide Digital Marketing siap membantu anda (Siapa pun anda UMKM, Startup, Perusahaan) masuk ke dunia digital.

Leave a comment

error: Anda dilarang menyalin artikel ini!